Sunday, January 19, 2020

Sanggar Semangat Djoeang Kreativitas Tanpa Batas

Mas Bethet (baju merah) diantara murid yang juara lomba

Sukoharjo memiliki banyak potensi yang belum terekspose ataupun di infokan kepada khalayak publik. Salah satunya dibidang seni lukis yang digeluti oleh Tri Hariyanto seorang guru seni dari SDN 02 Pranan Polokarto yang membidani sebuah sanggar seni lukis dengan nama Sanggar Semangat Djoeang. Dalam kesehariannya, bapak satu anak ini berkeliling ke sekolah sekolah dimana membutuhkan ketrampilannya dalam mendidik murid untuk menekuni bidang seni lukis. Wilayah tempat beliau mengajar antara lain mulai dari kecamatan Baki, Sukoharjo, Polokarto, Grogol hingga Bendosari. Berikut nama sekolah yang dibina oleh Mas Bethet yaitu SDN Pranan 2 Polokarto, SDN Purbayan 2 Baki, SDN Gentan 01 Bendosari dan SDN Genengsari 01. Talenta dan ketekunan mas Bethet (begitu biasa disapa) berhasil menghantarkan anak anak didiknya menjuarai beberapa kali lomba lukis dan mewarnai tingkat Karesidenan Surakarta.

Keseharian sebagai pendidik Sekolah Dasar

Entah sudah berapa banyak piala yang dihasilkan dari tangan dingin mas Bethet ini dimana hampir setiap minggu selalu saja ada anak didiknya yang berhasil menyabet juara mulai dari juara harapan hingga juara perta dalam setiap event lukis dan mewarnai yang digelar.

Sanggar Semangat Djoeang

Pria yang memang selalu terlihat ceria dan eksentrik ini sangat sabar dan telaten dalam mendidik setiap murid yang datang ke Sanggar Semangat Djoeang yang berada di desa Pranan Polokarto setiap sorenya. Selain memang bakat alami darah seniman yang mengalir ditubuhnya, mas Bethet ini termasuk tipe pria yang ramah dan supel dalam bergaul. Hobi lain yang ditekuninya adalah mancing ikan jadi tidak diragukan lagi bagaimana kesabaran beliau dalam menghantarkan murid muridnya meraih juara dalam setiap event lomba lukis dan mewarnai.

Suasana belajar di Sanggar Semangat Djoeang Pranan Polokarto

Mas Bethet adalah sosok yang memang terlihat eksentrik, ceria namun sangat penyabar dalam mendidik setiap muridnya khususnya dalam mengajarkan dunia seni lukis. Sosok yang mudah bergaul serta supel inipun selalu membuat suasana selalu ceria dalam keseharian bersama rekan rekan lainnya. Bakat melukis sejak masih kecil yang menurun dari orang tuanya dalam bidang seni begitu kental yang dibuktikan dengan beberapa hasil karya nya dalam beberapa sekolah yang memanfaatkan kemampuan lukisnya untuk menghiasi dinding sekolah.

Selalu ceria terlebih ketika bersama anak didiknya

Tema pemandangan dan dunia anak merupakan hal yang ditekuninya selain tentu dunia seni alinnya semacam aliran realistic dan mural yang diperoleh semasa masa muda di lingkungan seni jalanan.
Selain dia sang istripun mendukung penuh kegiatan Mas Bethet dalam dunia seni lukis bahkan istrinya pun juga mengajar seni lukis. Beberapa kali kami sempat datang dan mengunjungi Sanggar Semangat Djoeang yang berada di Desa Pranan ini dengan sambutan hangat dari sang empunya rumah.
Sosok yang luar biasa namun tak terlihat. Sukoharjo seharusnya bisa untuk mengangkat orang orang seperti beliau untuk lebih berkembang dalam bidangnya khususnya memberikan kesempatan dalam berkreasi namun memang saat ini perhatian dari Dinas terkait dirasakan masih kurang dan sangat minim, terlihat dari jarangnya event yang digelar oleh instansi terkait. Selama ini event lomba banyak digelar oleh swasta yang memang lebih peduli dengan perkembangan seni dan dunia anak.

Juara Lomba anak didik Sanggar Semangat Djoeang

Setiap harinya dirumah yang berarsitektur Jawa alias Joglo selepas jam sekolah para murid muridnya hadir untuk menimba ilmu melukis dan mewarnai mulai dari TK hingga SD. Selain memberikan les atau pelajaran lukis Sanggar Semangat Djoeang juga menerima panggilan sebagai pelukis ruangan sesuai dengan tema yang diinginkan. Bakat lukisannyapun laris manis terbukti beberapa kali diundang untuk menghias sekolah sekolah di lingkungan dunia pendidikan Sukoharjo.
Nah jika anda tertarik untuk menyekolahkan anak anda agar terampil dalam bidang seni lukis silahkan hubungi Sanggar Semangat Djoeang yang beralamat di Desa Pranan Polokarto Sukoharjo ini. 

No comments:

Post a Comment