Thursday, September 20, 2018

Goa Mertan Situs Sejarah Yang Terlupakan


Goa Mertan Bendosari Sukoharjo
Salah satu situs sejarah perjuangan bangsa yang terletak tidak jauh dari Waduk Mulur adalah situs Goa Mertan yang berada di sebelah timur Waduk Mulur tepatnya di dusun Mertan desa Mertan kecamatan Bendosari kabupaten Sukoharjo. Lokasi yang terpencil dan jauh dari jalan raya membuat situs sejarah ini jarang terjamah oleh para wisatan baik lokal atau dari luar daerah. Minimnya infromasi yang menghadirkan keberadaan lokasi serta jarang adanya ekspos membuat Goa Mertan terlihat mangkrak dan tidak terbenahi.

Bangunan Utama Goa Mertan


Jika anda datang kemari anda bisa datang dari jalan raya Mulur-Seplang yaitu Proliman Sukoharjo ke arah timur dan menuju ke dusun Sawur Mertan. Dari sinilah anda berjalan kurang lebih 1km menuju utara dan sampai di dusun Mertan melalui jalan kampung yang sudah beraspal. Nah jika sudah masuk dusun Mertan anda tinggal bertanya lokasi Goa Mertan pastilah akan diberitahu oleh warga setempat.

Sendang Lanang yang ada di kawasan Goa Mertan
Ditempat ini terdapat 2 sendang yaitu tempat yang dapat mengeluarkan mata air alami, dan diberi nama Sendang Lanang (untuk kaum laki-laki) dan Sendang Wedok (untuk kaum perempuan). Keduanya dipisahkan oleh sebuah sumur tua yang ada di tengah kedua sendang tersebut. Konon air sendang ini tidak pernah kering sekalipun musim kemarau yang berkepanjangan.

Goa Mertan berada dibawah dusun Mertan dikelilingi tebing tebing disekitarnya. Lokasi utama adalah sebuah cerukan yang disebut Goa Mertan, konon dahulu merupakan tempat untuk bersembunyi salah satu pejuang perlawanan penjajah Belanda yang masih termasuk anak buah dari Pangeran Diponegoro dan masih ada kaitan dengan makam Eyang Syaidiman yang berada di tengah Waduk Mulur. Dipercayai bahwa Goa Mertan ini terhubung dengan Laut Selatan Jawa menurut orang yang mempunyai mata batin lebih. Disini juga terdapat 1 sumur tua dan 2 buah belik/sendang yang menjadi tempat untuk membersihkan diri serta sebagai sumber air minum pada dahulu kala.
Nah semoga dengan ulasan mengenai Goa Mertan ini bisa menambah kepedulian kita terhadap sejarah yang harus tetap kita lestarikan dan kita teruskan kepada generasi mendatang. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment