Friday, March 24, 2017

Talokan Pasar Kaget saat Lebaran

Talokan atau ada sebagian warga menyebutnya sebagai Ngatap yang artinya atap atau bagian atas rumah dimana kata ini merefleksikan sebuah bangunan yaitu berupa atap dari Pintu air utama di Waduk Mulur yang terletak pada bagian Barat.

Ya..disinilah terjadi sebuah keramaian saat Bakdo alias Lebaran 1 Syawal setelah  bulan Ramadhan. Di tempat yang disebut Talokan (karena memang banyak tumbuh pohon Talok/kresen) atau Ngatap inilah terdapat pasar kaget yang hanya ada 1x dalam satu tahun yaitu saat Lebaran tersebut. Disinilah merupakan surga bagi anak-anak karena banyak sekali aneka mainan anak dijual ditempat ini mulai dari yang jadul/lama sampai yang generasi baru bertehnologi, mulai dari mainan sperti kelereng, balon gas, topeng hingga mainan berbasis batere seperti mobil remote dan lain sebagaianya. Bagi warga yang berada disekitar kawasan Waduk Mulur inilah keramaian yang selalu dinantikan setiap tahunnya, sekedar untuk bersenang-senang dengan keluarga terutama buah hati. Biasanya para orang tua akan membelikan hadiah mainan sebagai salah satu penghargaan atas suksesnya sang buah hati dalam menjalani ibadah puasa.
Pasar kaget Talokan hingga saat ini masih tetap dijaga dan dilestarikan sebagai salah satu agenda tahunan rutin karena memang inilah tempat transaksi yang bisa mendatangkan rupiah secara cepat dalam waktu singkat bagi para penjual terutama penjual mainan. Selain itu juga terdapat para penjaja makanan keliling maupun warung warung makan permanen yang memang setiap harinya buka untuk memenuhi pelanggan para wisatawan lokal karena Ngatap merupakan salah satu center poin di Waduk Mulur.
Bagi generasi diatas umur 30 seperti saya tentu disinilah kenangan masa kecil akan kembali terulang, ya nostalgia ketika masa kecil akan kembali terasa saat hadir di dalam keramaian pasar kaget ini. Sungguh suatu kenangan masa kecil yang sangat indah....Nah apakah anda juga ingin anak-anak andapun juga menikmati suasana ini karena sebentar lagi sudah memasuki bulan Ramadhan dan tentunya setelah itu akan ada Pasar Ngatap...silahkan dicoba jika anda mudik ke Sukoharjo.

No comments:

Post a Comment