Thursday, February 23, 2017

Aktivitas Ekonomi di seputar kawasan Waduk Mulur

Sebagai salah satu tempat publik, Waduk Mulur memberikan sumbangsih yang besar terhadap masyarakat sekitar di sektor ekonomi. Jika bebrapa tahun silam sebelum waduk Mulur kembali di gunakan sebagaimana mestinya Waduk Mulur hanyalah sebagai lahan pertanian, namun kini Waduk Mulur lebih menggeliat sebagai obyek wisata air di wilayah Sukoharjo.
Salah satu kegiatan ekonomi yang dijalani masyarakat sekitar adalah sebagai nelayan yang mencari nafkah dengan memanfaatkan ikan tangkapan untuk dijual. Antara lain ikan nila,patin, wader, udang dan juga ikan gabus yang banyak ada di Waduk Mulur. Selain itu juga warga sekitar membuka warung makanan, warung jajan dan bahkan rumah makan ikan bakar. Tentunya ini sangat menggairahkan perekonomian warga sekitar yang mendapatkan manfaat langsung dari perbaikan Waduk Mulur. Selain itu banyaknya wisatawan mancing juga menyediakan lapangan kerja bagi warga sekitar untuk menjual alat pancing, umpan juga dagangan keliling. Baca juga Tahu Kupat Sido Mampir Mulur

Walaupun sudah hampir 80 tahun berdirinya Waduk Mulur namun kegiatan yang benar-benar positif baru dirasakan masyarakat saat ini. Bagi warga yang mempunyai modal lebih dapat membuka keramba ikan bahkan persewaan perahu bagi wisatawan. Sebagai tujuan wisatapun para pemilik kereta kelinci menjadi waduk Mulur sebagai destinasi jalan-jalan dengan kereta kelinci yang setiap hari selalu datang mengantarkan para wisatawan lokal terutama ibu dan anak-anak.
Semakin ramainya waduk Mulur juga membuat warga sekitar membuka Warung makan maupun dagangan lainnya di sepanjang jalan menuju ke waduk Mulur. Masyarakat sekitarpun sangat terbantu dengan perbaikan Waduk Mulur pada tahun 1998 ini.
Namun dari sisi fasilitas Waduk Mulur ini masih sangat minim. Bahkan salah satu yang paling sangat memprihatinkan adalah tidak adanya sarana Toilet umum kecuali milik warung yang bagi pengunjung umum akan sangat merepotkan. Sarana lainnya tidak tersedianya saran ibadah seperti Mushola walaupun di kampung sekitar banyak masjid dan mushola namun dalam lingkungan di dalam area belum tersedia.

Setiap bulan dipastikan ada kegiatan massal yang membutuhkan perhatian khusus, salah satunya tempat sampah umum yang belum tersedia sehingga masih banyak sampah berserakan di sembarang tempat. Inilah yang perlu diperhatikan bagi dinas terkait agar potensi wisata ini jangan sampai mubadzir dan sia-sia karena Waduk Mulur adalah satu-satunya Waduk Terbesar di wilayah kabupaten Sukoharjo.

No comments:

Post a Comment