Tuesday, October 23, 2018

Bendungan Dam Cinta Sembukan Sidoharjo Wonogiri

Dam Cinta Wonogiri

Wonogiri merupakan salah satu wilayah yang di dominasi oleh barisan pegunungan seribu. Hampir seluruh daerah di Wonogiri terbentang pemandangan indah Pegunungan Seribu. Kali ini kami berkeliling menyusuri Bengawan Solo di bagian hulu yaitu dari Sungai Gedong hingga bendungan Dam Cinta yang berada di desa Sembukan kecamatan Sidoharjo Wonogiri. 


Pegunungan Seribu sebagai latar Dam Cinta

Perjalanan dimulai dari Desa Ngadipiro yang berada di sisi selatan Sungai Gedong salah satu sumber aliran Bengawan Solo di kecamatan Nguntoronadi Wonogiri. Menyusuri jalan pedesaan yang sudah beraspal dan berbeton rabat saya terus memacu kendaraan sambil menikmati suasana alami yang memang tersaji di sepanjang jalur di tepian Sungai Gedong ini.
Bendungan Dam Cinta di Sidoharjo Wonogiri
Baca juga Es Jonnes Wonogiri
Dari jembatan gedong saya memilih jalur ke arah kiri memasuki Desa Ngadipiro. Di desa ini terdapat 4 bendungan yang menjadi salah satu spot untuk casting khususnya ikan Hampala yang memang terkenal banyak ada di kawasan Wonogiri. Namun kali ini saya memang tidak berniat mancing dan hanya ingin menyusuri sungai untuk menikmati pemandangan di sekelilingnya yang masih sangat asri dan alami. Sesekali sambil menyapa warga yang kebetulan sedang meladang di sisi jalur sepanjang Sungai Gedong.
Asrinya kawasan Ngadipiro

Setelah menemupuh kurang lebih 30 menit akhirnya sampailah saya di sebuah bendungan di desa Sembukan dan masyarakatpun menyebutnya sebagai Dam Cinta. Hal ini karena banyaknya pasangan muda-mudi yang memang hadir saat musim liburan atau pada hari minggu selain tentunya warga sekitar yang lalu lalang untuk menyeberangi Sungai Gedong karena diatas Dam Cinta ini terdapat jembatan penghubung sisi selatan dan sisi utara Sungai Gedong.
Pelestarian Lingkungan

Rasa penasaranpun terbayarkan, sambil istirahat untuk sekedar minum es teh di warung yang memang terdapat di kawasan ini sayapun bertanya seputar Dam Cinta ini. Disini ternyata masyarakatnya sudah sadar akan pentingnya menjaga perairan dengan adanya tanda larangan menyetrum dan mengobati ikan sehingga memang akan terjaga dari tangan jahil yang merusak alam.
Nah begitulah pencarian dan penelusuran saya menuju Dam Cinta di desa Sembukan kecamatan Sidoharjo Wonogiri semoga bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk berwisata secara mudah dan murah dengan pemandangan alam yang menggoda.

No comments:

Post a Comment