Sunday, October 21, 2018

Wisata Monumen Tanah Kritis di Karanganyar

Monumen Tanah Kritis Jumantono Karanganyar

Salah satu obyek wisata edukasi yang saat ini membutuhkan perhatian karena terlihat mangkrak adalah Wisata Monumen Tanah Kritis yang berada di selatan Waduk Lalung tepatnya di jalan raya Karanganyar-Jumantono. Kondisi yang terlihat sedikit memprihatinkan karena banyaknya semak belukar dan tanpa perawatan mengunadang rasa prihatin siapapun yang melihat keadaan disini. Monumen Tanah Kritis sendiri merupakan peninggalan Orde Baru semasa kepemimpinan Bapak Soeharto yang dikenal sebagai Bapak Pembangunan Indonesia. Diresmikan oleh Menteri Kehutanan kala itu Bapak Sujarwo di tahun 80an.

Sedikit mangkrak dan tidak terawat
Baca juga Patung Jamu Sukoharjo
Monumen ini sebagai sarana edukasi dalam menjaga lingkungan alam dari bahaya kekeringan dan gersang, namun kini setelah di sekitarnya hijau justru semakin banyak semak belukar yang menjadi penghuni di sekitar Monumen Tanah Kritis ini. Beberapa warga Karanganyar sangat menyayangkan kondisi Monumen justru sering dimanfaatkan sebagai sarana maksiat terutama para pelajar yang sedang bolos sekolah. Tentu hal ini menjadi keprihatinan bersama bagi kita.
Semoga dengan adanya sedikit tulisan ini bisa membuat para pembaca kembali mengingat keberadaan Obyek Wisata Edukasi Monumen Tanah Kritis di Jumantono Karanganyar ini dan menggugah pihak terkait untuk sedikit memberikan perhatian kepada aset nasional yang kebetulan berada di wilayah Kabupaten Karanganyar. Sebagai warga negara Indonesia kami disini pun merasa ikut prihatin dan terpanggil untuk menjaga dan melestarikan salah satu Monumen agar jejak sejarah tidak terhapus dan menjadi sebuah pembelajaran bagi kita semua akan dampak dari rusaknya alam jika kita tidak melestarikannya. Semoga.

No comments:

Post a Comment