Friday, September 28, 2018

Wisata Religi Bumi Arum Majasto Sukoharjo

Wisata Religi Bumi Arum Majasto Sukoharjo

Salah satu desa yaitu Desa Majasto yang terletak di kecamatan Sukoharjo merupakan sebuah desa yang memiliki sejarah dan historis dengan adanya peninggalan Makam Ki Ageng Sutawijaya yang merupakan salah satu keturunan Kerajaan Majapahit ke 107 dimana liang lahat yang di buat tidak terlalu dalam namun tidak menimbulkan bau menyengat sehingga disebut sebagai Bumi Arum. Perjalanan Ki Ageng Sutawijaya sendiri tak lepas dari pelariannya setelah era kerajaan Majapahit berakhir dan kemudian menjelajah dan lebih dikenal dengan nama Joko Bodho sebelum akhirnya bertemu dengan Sunan Kalijaga yang menyarankan untuk berguru kepada Ki Ageng Pandanaran sesuai dengan saran Sunan Kalijaga dan akhirnya mendapatkan nama Ki Ageng Sutawijaya. Ki Ageng Sutawijaya inilah yang pada akhirnya menjadi salah satu Guru dari Jaka Tingkir atau dikenal sebagai Raja Pajang bergelar Sultan Hadiwijaya.
Situs Cagar Budaya di Nguter
Desa Wisata Religi & Sentra Busana Majasto

Silahkan Baca juga Wisata Religi Goa Mertan
Makam Bumi Arum Majasto sendiri berada di sebuah Bukit di tengah desa dengan ketinggian kurang lebih 60 meter. Disinilah pusat dari kegiatan Wisata Religi Bumi Arum Majasto yang biasanya akan ramai peziarah pada malam jum'at namun yang paling ramai saat malam Jum'at Kliwon dan Legi. Sebagai salah seorang berdaya linuwih tentu Ki Ageng Sutawijaya menjadi panutan setiap kalangan mempunyai murid yang secara turun temurun akan menceritakan kisah hidup beliau sampai hari ini.
Baca juga Wisata Religi Masjid Agung Sukoharjo

Wisata Belanja di Majasto
Jejak Joko Tingkir di Sukoharjo
Selain sebagai tujuan Wisata Religi di Majasto juga berkembang sebagai Wisata Belanja khususnya pakaian bagi warga masyarakat sekitar Sukoharjo dan Klaten yang setiap hari berkunjung ke desa Majasto dengan kendaraan pribadi ataupun rombongan sepur kelinci.
Disini kurang lebih ada 10 toko besar yang menjual aneka pakaian dari anak higga dewasa. Pada musim lebaran bisa dipastikan tempat ini menjadi salah satu tujuan utama di Sukoharjo dan Klaten untuk membeli aneka pakaian baru sebagai persiapan lebaran.
Baca juga Sarung Tenun Goyor Tawangsari
Untuk urusan makan dan minum jangan takut karena disini juga menjadi salah satu pusat kuliner dengan adanya banyak warung dan lapak makanan keliling

Es Dawet di depan Toko Ratih Collection

Nah jika anda penasaran silahkan langsung saja menuju ke Desa Majasto yang berada di perbatasan Sukoharjo Tawangsari ini sebelah barat dan anda bisa gunakan aplikasi Google Map untuk mencari lokasi yang tepat disertai denahnya. Demikian ulasan mengenai Wisata Religi Bumi Arum Majasto Sukoharjo semoga bisa memberikan informasi bermanfaat untuk pembaca sekalian.

No comments:

Post a Comment