Wednesday, January 30, 2019

Makam Gajah Asal Usul Kampung Begajah Sukoharjo

Makam Gajah Asal Usul Nama Begajah

Sebuah nama kampung memang biasanya ada terkait dengan sejarah yang ada di tempat tersebut. Salah satunya adalah nama Begajah yang ada di selatan Kota Sukoharjo. Mendengar nama tersebut tentulah kita langsung membayangkan sosok binatang yang besar dengan hidung panjang dan telinga lebar. Tak salah memang karena nama Begajah ada kaitan dengan nama binatang Gajah tersebut, namun cerita tentang hal tersebut tidak semua orang Sukoharjo paham bukan? Nah kali ini akan kami jelaskan mengenai Asal Usul nama Kampung Begajah dalam ulasan kali ini.
Pada masa itu adalah 2 orang utusan dari Kraton Kasunanan Surakarta yang ditugaskan untuk mengirimkan surat ke Wonogiri. Dalam perjalanan tersebut ketika melewati wilayah Sukoharjo (yang saat itu masih banyak terdapat rawa-rawa) gajah tersebut terperosok ke dalamnya (istilahnya mbeg) dan akhirnya tidak bisa bangun dan deprok di dalam mbeg tersebut hingga mati karena tidak kuat dan kelelahan menopang berat badannya sendiri. Dan saat itulah nama Kampung tersebut dinamakan Begajah dari kata Mbeg dan Gajah dan dikenal sampai saat ini.

Makam 2 Srati Gajah

Dalam menelusuri asal usul penamaan tersebut kami mencoba mencari keberadaan makam gajah yang konon memang ada dan terdapat di Kampung Begajah. Sesuai dengan araha dari salah satu teman yang memang domisili di Kampung Begajah akhirnya kami berhasil mengabadikan Makam Gajah yang berada di RT 2 RW 4 Kalurahan Begajah Sukoharjo. Selain makam gajah disitu juga ada 2 makam lainnya yang merupakan makam 2 orang Srati (pawang gajah) yang berada di sisi makam gajah sebagai kecintaan terhadap hewan yang dirawatnya. Inilah bukti sebuah hubungan mendalam antara manusia dengan binatang yang terjalin hingga mati dan wajib kita teladani sikap dan rasa kasih sayang kepada binatang selayaknya seperti apa yang dilakukan oleh 2 orang srati tersebut.
Nah jika anda penasaran silahkan datang ke Kampung Begajah yang berada di selatan Kota Sukoharjo untuk sekedar mengingat jasa dan sejarah yang ada di Sukoharjo. Era boleh millenial anmun sejarah adalah sebuah pengigat akan masa lampau agar kita bisa menatap masa depan lebih terang.

No comments:

Post a Comment