Monday, October 1, 2018

Desa Trangsan Sentra Kerajinan Rotan

Desa Trangsan Sentra Kerajinan Rotan

Belum banyak warga Sukoharjo mengenal nama kampung Trangsan. Yaitu salah satu nama kampung di kecamatan Gatak Sukoharjo. Kampung Trangsan malah lebih dikenal diluar daerah Sukoharjo karena hasil kerajinan rotannya yang menjadi salah satu terkenalnya nama Kampung Trangsan. Desa Trangsan berada di sebelah barat dari Stasiun Gawok kota kecamatan Gatak. Satu desa ini hampir mayoritas penduduknya mempunyai home industri kerajinan dari rotan/rattan. Kali ini kami berikan ulasan mengenai Desa Trangsan Sentra Kerajinan Rotan agar masyarakat Solo dan sekitarnya terutama Sukoharjo bisa lebih mengenal potensi kerajinan rotan sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah Sukoharjo.

Alat Pelengkap Rumah Tangga berbahan Rotan

Desa Trangsan yang dulunya merupakan daerah pertanian khususnya padi kini beralih fungsi dengan berdirinya pabrik-pabrik swasta yang mengkhususkan diri untuk membuat kerajinan dari bahan baku rotan yang berasal dari Sumatera dan Kalimantan. Tentu hal ini mendorong masyarakat sekitar desa Trangsan untuk bergerak di bidang kerajinan industri skala kecil menengah yang kemudian akan dikumpulkan pada industri besar sebagai eksportir. Untuk home industri skala kecil target penjualan mungkin hanya pada level nasional saja namun untuk industri besar sudah menembus pasar Internasional seperti Jepang, Hongkong, Eropa dan bahkan hingga ke Amerika Serikat.

Kursi Boncengan untk Anak dari Desa Trangsan

Hasil kerajinan rotan dari Desa Trangsan memang memiliki bentuk dan ciri khas sendiri serta kualitas yang layak untuk diacungi jempol. Pertumbuhan industri rotan Desa Trangsan sendiri sudah ada sejak akhir tahun 80an dimana sudah mulai ada pengrajin-pengrajin rumahan yang membuat kerajinan tangan dari bahan rotan ini. Mulai dari furniture, pelengkap alat dapur dan berbagai kerajinan lainya khususnya yang berhubungan dengan kelengkapan rumah. Untuk mendorong hal ini pemerintahpun sudah menggalakkan berdirinya koperasi kerajinan lokal ini di Kecamatan Gatak. Geliat industri rotan Desa Trangsan pun semakin hari semakin menampakkan keberhasilannya dengan semakin banyaknya gudang dan industri skala menengah yang berdiri diatas lahan dikawasan Desa Trangsan. 
Jika anda tertarik datang ke Desa Trangsan anda bisa langsung mencari lokasinya melalui panduan Google Map atau bisa juga mencari dengan kata Stasiun KAI Gawok dan anda sudah tidak jauh lagi dari lokasi Desa Trangsan Sentra Kerajinan Rotan ini.

No comments:

Post a Comment