Friday, November 9, 2018

Batik Biru Puron Bulu Batik Asli Kota Sukoharjo

Batik Biru Bulu Sukoharjo

Bagi kita semua tentu tidak asing dengan kata Batik yaitu kain dengan motif dan corak yang khas milik bangsa Indonesia yang sudah diakui di mata dunia. Tidak terkecuali di Kota Makmur yaitu Sukoharjo juga memiliki batik khas Sukoharjo yaitu Batik Biru yang berasal dari Desa Puron Kecamatan Bulu di Kabupaten Sukoharjo. Batik yang dibuat dengan sistem tulis tangan ini memiliki warna khas biru yang dihasilkan dari tanaman Tom atau Tarum (Indigofera Tinctoria). Warna yang dihasilkan dari fermentasi tanaman tom tersebut melalui proses selama 24 jam untuk mendapatkan kualitas warna terbaik bagi Batik Biru ini.

Proses Pewarna Biru

Proses pengerjaan selembar Batik Biru memang lama karena masih menggunakan sistem tulis tangan untuk memberikan motif dan corak yang diinginkan. Semakin rumit pola dan warna juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar terlebih jika dalam satu lembar dibuat beraneka warna seperti biru, coklat, kuning dan hijau. Untuk warna selain biru digunakan aneka bahan alami dari bahan pewarna yang dihasilkan dari kayu seperti kayu Secang, Kayu Tegeran, Kayu Tinji dan yang lainnya.

Proses kedua Batik Biru

Selain motif tulis produk Batik Biru menyediakan motif cetak dengan harga mulai dari 100 ribuan sedangkan untuk Batik tulisnya bisa mencapai harga hingga jutaan rupiah tergantung pola dan motif yang diinginkan. Kualitas dan nilai seni yang terkandung dalam Batik Biru pun sudah diakui oleh para pelanggan dari berbagi daerah bahkan hingga mancanegara.

Tanaman Tantrum/Tom (Indigofera Tinctoria) bahan pewarna dasar Batik Biru

Pembibitan Tanaman Indigofera

Ciri khas Batik Biru memang berasal dari warna biru yang keluar dari tanaman tom dan pasti ada dalam setiap produk Batik Biru ini. Produksi Batik Biru sudah menembus pasar internasional seperti Jepang, Eropa, dan negara lain sedangkan untuk pasar lokal Jakarta dan Bali adalah pasar utamanya.
Nah jika anda kebetulan datang atau melewati kecamatan Bulu ataupun Tawangsari silahkan mampir ke dusun Nogosasran desa Puron kecamatan Bulu di Kabupaten Sukoharjo untuk melihat secara langsung pengerjaan Batik Biru dan jangan lupa silahkan anda membeli aneka produk jadinya karena selain menjual kain di tempat ini juga sebagai tempat konveksi pengerjaan produk Batik Biru. Untuk lokasi bisa anda dapatkan melalui Google Maps Batik Biru Bulu. (nur)

No comments:

Post a Comment