Friday, October 5, 2018

Wisata Belanja di Pasar Tradisional Sukoharjo

Wisata Belanja di Pasar Tradisional Sukoharjo

Sukoharjo masih mempunyai beberapa Pasar Tradisional yang memiliki hari pasaran Jawa dan hanya pada hari pasaran itulah ramai sekali dengan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Dalam artikel berikut ini akan kami berikan informasi mengenai Wisata Belanja di Pasar Tradisonal Sukoharjo yang akan kami ulas satu per satu secara lengkap dan akurat.

Keramaian Pasar Tradisional

  1. Pasar Tradisonal Tawangsari: terletak di pusat kota kecamatan Tawangsari dan memiliki hari pasaran Legi sehingga masyarakat sering menyebutnya dengan istilah Legen yaitu berbelanja ketika pasaran Legi. Legi memiliki arti manis dalam bahasa Jawa sesuai dengan suasana hati yang penuh kegembiraan saat berbelanja melengkapi kebutuhan hidup selama 1 pasar (5 hari). Di pasar ini djual berbagai macam barang dan kebutuhan mulai dari hewan ternak seperti kambing, ayam, bebek juga hewan peliharaan seperti berbagai macam burung kicauan. Selain itu hasil bumi seperti padi/beras, jagung, kacang, aneka sayuran dan perlatan bercocok tanam macam cangkul, pisau, sabit juga banyak dijajakan dalam keramaian pasar tradisonal Tawangsari. Berkembangnya dunia luar juga membuat Pasar Tawangsari pun tak luput dari kemajuan jaman. Handphone pun banyak dijual dilapak para pedagang. Aneka pakaian dan barang lainnya akan bisa anda jumpai dan temukan disini. Salah satu keasyikan berbelanja di Pasar Tradisional adalah adanya tawar-menawar yang mengasyikan. Jika hari biasa anda masih menjumpai pedagang di pasar Induk Tawangsari namun keramaian tidak seperti saat Legen. Baca juga mengenai Pusat Kuliner Bakmi Jowo Tawangsari
  2. Pasar Tradisonal Bekonang: terletak di kecamatan Mojolaban. Pasar Bekonang adalah satu-satunya pasar ternak hewan sapi yang ada di Sukoharjo. Pasar Tradisional Bekonang akan ramai pleh pengunjung setiap hari pasaran Kliwon sehingga biasa disebut Kliwonan di Bekonang. Selain sapi hewan ternak lainya macam kambing, ayam, bebek dan entok juga banyak diperjualbelikan disini bersama dengan aneka burung kicauan sebagai peliharaan. Sama halnya dengan Pasar Tawangsari aneka hasil bumi dan kebutuhan pertanian, pakaian dan juga kuliner tersaji di pasar yang hadir setiap Kliwon ini.
  3. Pasar Tradisonal Gawok: pasar ini terletak di sebelah selatan dari kota kecamatan Gatak yaitu  Gawok. Hadir setiap pasaran hari Pon. Disini banyak dijual hewan ternak aneka unggas dan kambing serta kebutuhan rumah tangga, kebutuhan pertanian dan aneka kuliner. 
Tawar Menawar adalah keasikan belanja di Pasar Tradisional

Demikian tadi sekelumit ringkasan mengenai Wisata Belanja di Pasar Tradisional Sukoharjo yang berhasil kami rangkum sebagai informasi tambahan kepada para pembaca semoga bisa menjadi panduan dan referensi untuk berkunjung ke Kabupaten Sukoharjo sebagai salah satu tujuan Wisata Keluarga anda sekalian.

No comments:

Post a Comment