Monday, November 26, 2018

Dokar Moda Transportasi Wisata Sukoharjo

Bendi Sukoharjo

Kita semua yang lahir di era jadul mungkin masih ingat masa kecil ketika berlarian mengejar kereta kuda semacam dokar, andong ataupun bendi dan berteriak-teriak ingin naik kereta kuda tersebut. Di era milenial sekarang ini mungkin sudah jarang ada adegan seperti diatas, kebanyakan sudah langsung menuju ke spot naik bendi di sebelah alun-alun Kota Sukoharjo. Ya kini moda transportasi tersebut beralih fungsi sebagai sarana alat wisata dan untuk bersenang-senang terutama bagi adik-adik kecil jaman now.

Dokar Kuda

Salah satu yang masih menggeluti untuk melestarikan kereta kuda ini adalah Mas Prasetya Aji Setiawan . Mas Aji, biasa demikian dipanggil juga melayani untuk carteran kereta kuda dengan nomor WA 0878 126 479 17 untuk keperluan acara mantenan atau untuk pawai. Setiap haripun Mas Aji bersama para kusir bendi lainnya selalu mangkal di sebelah Alun-alun Kota Sukoharjo untuk melayani para pelanggannya berkeliling Kota Sukoharjo saat petang hingga malam hari.
Memang naik kereta kuda mempunyai keasikkan tersendiri bagi kita dan ada sebuah perasaan yang membuat kita serasa menjelajah masa lampau dengan penuh kenangan. Alat transportasi bebas polusi ini memang sudah tersingkir oleh kemajuan jaman namun kita harus tetap mengingat dan tetap melestarikannya dengan salah satunya mencoba untuk mengenalkan kepada para generasi penerus khususnya anak cucu kita nanti.

Kereta Kuda Hias

Kereta kuda juga memberikan kita pelajaran tentang hubungan manusia dengan hewan khususnya kuda yang saling melengkapi dengan rasa cinta kasih. Kuda adalah salah satu hewan yang akan setia menemani sang pemiliknya dan hanya jinak jika dengan pemiliknya sehingga terjalin sebuah komunikasi non verbal diantara kusir dan sang kuda yang dimilikinya.
Nah mari tetap kita lestarikan kecintaan kita kepada hewan apapun itu termasuk seperti kuda ini. Dan jangan lupa untuk mencoba naik bendi yang bisa anda temukan di depan Gedung DPRD Sukoharjo sebelah Alun-Alun Kota Sukoharjo setiap petang hari.

No comments:

Post a Comment