Sunday, November 11, 2018

Home Industri Umpan Tiruan Sukoharjo

Pengerjaan Pembuatan Umpan Tiruan

Sukoharjo memiliki banyak sekali potensi kerajinan yang bisa dikembangkan oleh masyarakatnya. Salah satunya kerajinan di bidang mancing yaitu kerajinan umpan buatan dari bahan limbah kayu. Kerajinan umpan tiruan dari limbah kayu inipun sudah berhasil menembus pasar nasional bahkan sampai Amerika. Salah satu produk yang sudah banyak dikenal adalah K-Lures yang merupakan salah satu merk dari Ikatan Mancing Casting Sukoharjo sebuah komunitas mancing di Sukoharjo.
Dalam perjalanannya dari awal kerajinan ini merupakan sebuah jawaban akan sulitnya mendapatkan umpan tiruan untuk tehnik mancing dengan peralatan casting sehingga mulailah mencoba mengembangkan dan meniru produk di pasaran dengan bahan limbah kayu. 


Salah satu prestasi yang pernah dicapai oleh produk K-Lures adalah pembuatan cinderamata berupa Jump Frog untuk Kopdar Castinger Nasional yang digelar di Waduk Mrican Banjarnegara.
Saat ini karena terkendala modal maka hanya menerima pesanan saja untuk produksinya dan belum mampu mengembangkan secara totalitas. Pangsa pasar untuk produk umpan tiruan saat ini cenderung juga mengalami penurunan karena memang kondisi pasar yang cenderung lesu. Beberapa produsen lain dalam IMCS pun terlihat sedikit pergerakan dalam jual-beli umpan tiruan ini.

Gantungan Kunci Jump Frog
Umpan Tiruan Jump Frog

Home industri umpan tiruan ini juga memberikan kursus gratis untuk pembelajaran pembuatan umpan tiruan berbahan dasar limbah kayu. Anda bisa langsung datang dan konsultasi ke Sekretariat IMCS yang berada di Balesari RT 02 RW 02 Mulur Bendosari Sukoharjo yang merupakan markas utama komunitas Ikatan Mancing Casting Sukoharjo.

No comments:

Post a Comment