Wednesday, October 3, 2018

Dusun Kembangan Sentra Pengrajin Gitar

Gitar Asli Sukoharjo

Salah satu dusun di Sukoharjo yang terkenal dengan kerajinan home industri alat musik khususnya Gitar adalah Dusun Kembangan Sentra Pengrajin Gitar yang berada di Desa Mancasan Kecamatan Baki Sukoharjo. Dusun yang berada persis di pinggir barat Sungai Bengawan Solo ini merupakan sentra industri gitar satu-satunya di wilayah Sukoharjo hingga saat ini terus eksis dan berkembang sesuai namanya Dusun Kembangan (yang berarti Bunga dalam Bahasa Jawa).
Baca juga Pengrajin Ketipung Kendang dari Sukoharjo
Dusun Kembangan Sentra Pengrajin Gitar

Dusun Kembangan menjadi harum dengan hasil produksi gitarnya yang sudah terkenal seantero Nusantara bahkan hingga ekspor ke luar negeri seperti ke Afrika, Eropa dan lainnya. Tercatat ada lebih dari 10 pengrajin Gitar baik akustik maupun elektrik yang berada di wilayah Dusun Kembangan antara lain:

  1. Ryant Gitar Solo di Kembangan Dusun 2 Mancasan Baki Sukoharjo
  2. Guitar Master Craftsman Dawn di Kembangan RW 12 dusun 2 Mancasan Baki Sukoharjo
  3. Sasana Gitar Kembangan di Dusun 2 Mancasan Baki Sukoharjo
  4. Putra Gitar Solo di Kembangan RT 1 RW 12 Mancasan Baki Sukoharjo
  5. Gema Musica Guitar di Dukuh Wetan Kembangan Mancasan Baki Sukoharjo
Baca Juga Sentra Gamelan Jawa Wirun Mojolaban
Selain Dusun Kembangan sendiri pada akhirnya produksi Gitar ini juga meluas ke dusun sekitarnya seperti di dusun Ngrombo yang bersebelahan dengan dusun Kembangan. Nah jika anda pecinta alat musik khususnya gitar custom silahkan anda datang sendiri ke dusun Kembangan di desa Mancasan Baki Sukoharjo tepatnya di selatan Solo Baru. Anda akan dengan mudah menemukan dusun Kembangan karena memang sudah terkenal dengan produksi gitar home industrinya ini.

No comments:

Post a Comment