Monday, November 12, 2018

Wedang Ronde Minuman Khas Sukoharjo

Wedang Ronde Modern

Mungkin banyak yang menganggap bahwa wedang ronde merupakan salah satu minuman khas Solo anggapan tersebut bisa jadi karena banyak wisatawan yang ke Kota Solo selalu menemukan minuman hangat ini di seputaran Kota Solo. Adalah sebuah wilayah di Sukoharjo yang mayoritas penduduknya adalah peracik dan penjual minuman wedang ronde yaitu Desa Karangmojo atau Watukelir di Kecamatan Weru Sukoharjo bagian paling selatan. Konon wedang ronde selalu menjadi minuman khas pengusir hawa dingin kala menonton pagelaran Wayang Kulit di Watu Kelir Weru ini sehingga jika ada pagelaran wayang hingga saat ini maka para pedagang Wedang Ronde akan datang dan menjajakan minuman ini.
Baca juga Bukit Cinta Taruwongso

Wedang Ronde Tradisional

Wedang Ronde berupa minuman dari bahan jahe dengan pemanis gula aren ataupun gula jawa dengan toping atau kampulan antara lain kacang sangrai, kolang kaling dan cendil (semacam klepon) yang berbentuk bulat dengan isian gula jawa. Selain menghangatkan badan anda pun sedikit akan merasakan kenyang saat memakan cendilan tersebut.

Wedang Ronde
Renyah rasa kacang yang disangrai menambah nikmatnya mencicipi wedang ronde khas Watu Kelir ini. Jika anda ingin mendapatkan rasa yang original silahkan dolan ke wilayah Weru atau Tawangsari dan disetiap keramaian di pastikan hadir penjual Wedang Ronde ini. Saat ini wedang ronde tidak hanya dijajakan dengan gerobak namun ada juga yang sudah menggunakan motor agar lebih praktis dan menjangkau lebih jauh daerah operasinya.
Dengan harga rata-rata 5000 rupiah setiap mangkoknya tentu bukanlah minuman mahal dibandingkan dengan harga kopi yang bisa puluhan ribu. Suasana menikmati senja atau malam hari sangatlah pas saat ditemani wedang ronde. Bagi anda sekalian yang berkunjung ke Sukoharjo pun bisa mendapatkan wedang ronde di Alun Alun Kota Sukoharjo yang berada tepat di pojokan barat depan apotek Kimia Farma dimana inilah salah satu wedang ronde yang sudah banyak pelanggan setianya.
Sedangkan bagi warga Sukoharjo Selatan tentu nama wedang ronde merupakan menu minuman sehari-hari yang biasa dikonsumsi pada malam hari untuk mengusir hawa dinginpegunungan seribu yang ada di wilayah Sukoharjo Selatan. Nah jika anda menginkan monggo silahkan mencicipi nikmatnya Wedang Ronde Minuman Khas Sukoharjo supaya badan tetap hangat dan sehat khususnya di kala musim penghujan seperti saat ini.

No comments:

Post a Comment