Wednesday, October 3, 2018

Sarung Tenun Goyor Tawangsari Sukoharjo

Sarung Tenun Goyor Khas Sukoharjo
Walaupun Sukoharjo dikenal sebagai Kota Textil namun di kota Sukoharjo inilah masih ada pengrajin dengan Alat Tenun Bukan Mesin yang menghasilkan karya Sarung Tenun Goyor Tawangsari Sukoharjo tepatnya di Desa Pojok Tawangsari. Sarung Tenun Goyor terkenal adem jika dipake dan hangat ketika digunakan sebagai selimut di malam hari. Salah satu bahan utama sebagai benang pada kain tenun ini adalah pelepah pisang yang merupakan bahan alami sehingga lebih ramah lingkungan.



Home Industri Alat Tenun Bukan Mesin
Pengerjaan tenun sarung Goyor masih secara tradisonal dan manual tanpa bantuan mesin sehingga kualitasnya masih memiliki nilai seni yang tinggi dibandingkan dengan kain tenun pabrikan. Untuk pengerjaan 1 lembar kain memang dibutuhkan waktu lama kurang lebih 1 minggu karena memang pengerjaannya sebagai salah satu pengisi waktu saja bagi masyarakat petani dimana sembari menunggu panenan.
Baca juga Monumen Pemancar TVRI Wungurejo Tawangsari
Proses Tenun Sarung Goyor di Tawangsari
Demikian tadi sekelumit cerita mengenai kerajinan tenun Sarung Goyor yang merupakan salah satu warisan seni dan budaya yang wajib kita lestarikan bersama agar nantinya kerajinan asli Indonesia seperti Sarung Tenun Goyor Tawangsari Sukoharjo ini tidak punah dan masih bisa dinikmati oleh para penerus selanjutnya.

No comments:

Post a Comment