Friday, October 26, 2018

Desa Wisata Perantauan dan Kuliner Juron Nguter Sukoharjo

Kantor Kepala Desa Juron Nguter

Salah satu desa di wilayah Sukoharjo yang kini memiliki julukan baru adalah Desa Juron sebagai Desa Wisata Perantauan dan Kuliner yang memang tepat untuk disematkan pada desa yang satu ini. Dengan jumlah penduduk yang merantau keluar wilayah Sukoharjo untuk mencari nafkah guna menghidupi keluarga tercinta. Penyebaran perantauan dari Desa Juron antara lain ke Jakarta, Lampung, Semarang, Jawa Timur, Bali bahkan hingga ke Makassar di Sulawesi.

Desa Wisata Perantauan dan Kuliner Juron Nguter Sukoharjo
Baca juga mengenai Patung Jamu Bulakrejo

Pada tahun 2003 Bupati Sukoharjo kala itu yaitu Bapak Bambang Riyanto meresmikan sebuah monumen sebagai penghargaan atas perjuangan para perantauan Desa Juron dengan Monumen Rantau Manunggal yang kini berdiri di tengah Desa Juron . Dalam monumen yang berupa penjual angkringan khas perantauan ini dikisahkan tentang perjalanan para perantauan Juron untuk mencari nafkah keluar wilayah.

Monumen Rantau Manunggal Juron Nguter Sukoharjo
Baca juga  Minyak Wijen dan Kecap Wijen Desa Jagan
Kini Desa Juron pun terus berbenah dengan menyematkan patung gerobak dan penjual jamu gendong di setiap gapura yang terdapat di sepanjang jalan di Desa Juron . Penjual bakso, mie ayam dan jamu gendong merupakan jenis dagangan yang banyak dilakukan warga perantauan Desa Juron . Keberhasilan para pahlawan perantauan ini terlihat dengan semakin baik rumah mereka dimana merupakan hasil jerih payah selama berdagang di perantauan.

Tugu dengan ciri khas gerobak dorong di Desa Juron

Kini di Desa Juron juga terdapat Embung Juron yang sudah difungsikan menjadi kolam pemancingan dan juga pusat jajanan serta kuliner yang mendukung Desa Juron sebagai Desa Wisata Perantauan dan Kuliner khususnya di wilayah kabupaten Sukoharjo. Potensi yang bisa menjadi andalan bagi Desa Juron ini kini dikelola oleh BUMDES bersama warga masyarakat sekitar, dan nantinya pun akan ada obyek wisata lain yaitu Water Boom yang masih dalam rangka pembangunan di sisi timur dari Embung Sumurup ini. Warga berharap dengan semakin meriahnya wilayah desa Juron akan memberikan dampak positif bagi warganya sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar sehingga nantiny tidak perlu untuk merantau demi menghidupi keluarga.

No comments:

Post a Comment