Sunday, January 13, 2019

Obyek Wisata Jembatan Gantung Dukuh Menjing Desa Kayu Apak Polokarto Sukoharjo

Jembatan gantung Menjing Kayu Apak Polokarto

Satu lagi obyek wisata hadir di Sukoharjo yaitu Obyek Wisata Jembatan Gantung Dukuh Menjing yang berada di Desa Kayu Apak Kecamatan Polokarto Sukoharjo. Lokasi ini dahulunya adalah jembatan penghubung antara dukuh Menjing dengan dukuh Kayu Apak yang terpisah oleh Kali Samin. Setelah hadir jembatan permanen dari rangka baja dan beton kini lokasi jembatan gantung dipercantik dengan penambahan berbagai aksesories seperti perahu bambu, gazebo dan aneka tanaman bunga.
Jembatan kayu yang kini biasa disebut sebagai Jembatan Pelangi Menjing ini berada di antara 2 kampung yaitu Kayu Apak dan Menjing yang terpisahkan oleh aliran Sungai Samin dari Karanganyar. Sebagai tempat yang berada di perbatasan antara Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar tentu saja pengunjung banyak yang berasal dari kedua wilayah kabupaten tersebut bahkan hingga Solo Raya karena perkembangan dunia informasi secara cepat melalui media sosial. Beberapa videopun sudah banyak diunggah di Youtube dan selalu mendapat viewers yang banyak tentu hal ini merupakan sebuah langkah yang sukses dilakukan oleh Pemerintah Desa Kayu Apak.
Baca juga mengenai Waduk Mulur dan Wisata Sejarah dan Budaya Kampung Kedung Gudel
Spot Selfi yang tersedia

Pemdes Desa Kayu Apak memang berinisiatif menjadikan tempat ini sebagai salah satu Obyek Wisata yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Renovasi dan perbaikan area jembatan gantung ini pun dilakukan dengan pengecatan dan penambahan background untuk wisata swaphoto alias selfi bagi generasi millenial. Di beberapa akun sosial media seperti FB pun mulai gencar muncul photo-photo dengan latar belakang Jembatan Gantung Kayu Apak ini walaupun Obyek Wisata ini belum dibuka secara resmi.
Wisata Adrenalin Kali Menjing
Walaupun belum diresmikan namun keadaan Jembatan Pelangi di Kayu Apak ini setiap hari tak pernah sepi dari pengunjung yang memang penasaran dengan kabar yang beredar di media sosial terlebih dengan adanya obyek untuk photo selpi seperti perahu bambu dan dokar yang berada di sisi selatan jembatan gantung ini. Salah satu yang menjadi perhatian adalah jalan yang curam sehingga kami sarankan agar pengunjung berhati-hati dan terutama saat mengajak buah hati anda diharapkan waspada karena lokasi jembatan ini termasuk berbahaya jika tanpa pengawasan secara ekstra bagi ana anda sekalian. Lokasi yang memang berada tepat di Kali Samin ini mewajibkan anda harus ketat mengawasi anak anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
Wisata Air TERBARU Masdulkabi di Baki Sukoharjo

Jembatan Menjing Kayu Apak
Outbond dan Renang di Kidoland Nguter Asik
Menurut salah satu warga, dengan adanya obyek wisata ini turut memberikan dampak positif bagi warga di sekitaranya semisal dengan berjualan aneka makanan dan minuman serta layanan parkir kendaraan. Pemandang di Obyek Wisata Jembatan Gantung ini tergolong masih asri dan alami dengan aliran sungai Kali Samin yang mengalir di bawahnya serta kontur yang sangat cocok sebagai latar belakang seperti berada di sebuah lembah dengan bukit di sekitarnya. Pemandangan indah dengan sawah model terasiring juga bisa menjadi latar photo selpi di sebelah utara Jembatan Pelangi Kayu Apak ini, atau sekedar duduk manis dibawah gazebo yang terdapat di sekitar lokasi.
Jika anda pengen ke tempat ini bisa melalui perempatan Papahan Karanganyar ke arah Selatan kemuidian belok kiri sekitar 100 meter dan ada papan penunjuk di Kayu Apak, atau dari Bekonang lurus ke arah timur sampai pasar Kayu Apak nanti ada papan penunjuk masuk ke obyek Jembatan Pelangi Menjing Kayu Apak.

Gazebo yang tersedia

Lokasi juga bisa anda susuri melalui Google Map ini berada di sebelah selatan dari Dukuh Kayu Apak Polokarto. Untuk mencapai lokasi pastikan kondisi rem kendaraan anda bagus karena harus menuruni jalan yang cukup curam menuju ke lokasi. Mungkin anda bisa melihat dari photo yang tersaji di blog kami ini sebagai panduan.

Cantik bukan (sumber: medsos)
Lokasi ini juga cocok bagi anda yang suka gowes untuk menjadikan sebagai salah satu titik tujuan bersepeda anda sekalian. Baca juga Perlengkapan Gowes Gia Jersey Komplit
Jalan temudah anda wajib datang ke desa Kayu Apak yang berada di barat Waduk Lalung, tepatnya memang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar. Sampai di Pasar Kayu Apak silahkan ambil jalur ke selatan menuju ke dukuh Menjing atau bertanyalah pada penduduk sekitar pasar Kayu Apak nanti akan diberikan arah yang tepat. Apresiasi yang tinggi untuk Pemerintah Desa Kayu Apak atas sebuah inovasi dan ide kreatifnya memberikan tempat hiburan yang murah meriah dan memberikan sebuah karya nyata untuk mengembangkan potensi Desa. Semoga ke depan banyak wilayah lain yang meniru ataupun terinspirasi dengan langkah ini agar masyarakat sekitarpun bisa merasakan manfaat yang nyata dari pembangunan dan pemerataan hasil pembangunan.

Warna warni (sumber: medsos)
Dari sebuah akun media sosial yang dibagikan penampakan Obyek Wisata terbaru di wilayah Sukoharjo ini sangat menarik dan membuat penasaran para netizen khususnya yang ada di media sosial. Hal ini terlihat dari beberapa unggahan photo yang menikmati suasana yang ada di wisata Jembatan Pelangi Menjing Kayu Apak ini. Bermacam wahan yang disediakan terlebih untuk swaphoto atau selpi merupakan salah satu andalan yang ditawarkan oleh pengelola dalam menarik wisatawan untuk datang kesini.
Jembatan Pelangi di Desa Tanjung Nguter Sukoharjo
Nah jika anda tertarik silahkan datang kesini namun untuk peresmian saat ini masih dalam tahap renovasi dan penambahan serta pembenahan obyek agar nantinya menjadi lebih layak dan nyaman untuk anda kunjungi bersama keluarga. Walaupun masih dalam finishing animo masyarakat ternyata sudah tidak sabar dan setiap hari  masyarakatpun datang untuk menikmati obyek wisata Terbaru ini. Kemungkinan bulan depan lokasi ini sudah siap menjadi Obyek Wisata Jembatan Gantung Dukuh Menjing Desa Kayu Apak Polokarto Sukoharjo.

No comments:

Post a Comment